Headlines News :
Home » » Profil

Profil

Written By Unknown on Minggu, 21 Juli 2013 | 13.18


PROFIL
“Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu”


VISI
Mencetak generasi muda yang berkualitas dibidang ilmu agama, ilmu umum, dan berkepribadian akhlakul karimah serta mampu dan mau mengamalkan syari’at islam ala ahlus sunnah wal jama’ah.

Misi
·  Menanamkan nilai-nilai keislaman dalam aktifitas sehari-hari
·  Melaksanakan pendidikan sesuai nilai-nilai kepesantrenan salaf ala ahlus sunnah wal jama,ah
·  Melaksanakan pembelajaran secara terintegrasi antara kearifan pesantren dengan kemoderenan
·  Menjalin hubungan baik dengan masyarakat serta berbagai pihak dalam pengembangan pesantren yang unggul dan agamis

Selayang Pandang
Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu merupakan pondok pesantren salafi modern yang bernafaskan Ahlu sunnah wal jamaah dengan berpegang teguh pada ulama-ulama salaf. Ahlu sunnah wal jamaah menjadi nafas dari pondok pesantren Kyai Galang Sewu sebagai benteng dari pergolakan di Indonesia. Benteng tersebut diharapkan mampu menjadi benteng pula dalam setiap individu pemuda-pemuda Indonesia yang akan menghadapi pergolakan yang lebih sengit di masa yang akan datang. Oleh karena itu, semangat ahlu sunnah wal jamaah tetap dipertahankan dalam setiap langkah memajukan pondok pesantren Kyai Galang Sewu.
Pondok pesantren Kyai galang Sewu bertempat di jalan Jurang Blimbing Raya nomor 11 RT 3 RW 4 Tembalang, Semarang. Berdiri pada tanggal 16 Mei 2000 dan telah meluluskan ratusan santri dari berbagai daerah di Indonesia. Santri Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu mayoritas mahasiswa di sekitar Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu yaitu UNDIP, UNNES, POLINES. Selain itu, santri Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu juga ada yang berstatus pegawai yang bekerja di daerah Semarang dan pelajar Sekolah Menengah Atas.
Ponpes Kyai Galang Sewu memberikan kesempatan akses pendidikan berkualitas kepada seluruh generasi muda Islam tanpa memandang latar belakang ekonomi dan strata sosial. Kemiskinan bukan menjadi penghambat untuk belajar dan menjadi baik. Karena itu, segala biaya ditekan sedemikian rupa sehingga semua pelajar dari level ekonomi paling rendah sekalipun dapat belajar di Pesantren Kyai Galang Sewu.
Sistem pembelajaran di pesantren Kyai Galang Sewu ini disesuaikan dengan kegiatan kampus secara umum. Hal ini dilakukan mengingat bervariasinya jurusan ataupun program studi yang di tempuh santri di perguruan tinggi ataupun di sekolah. Penataan jadwal pembelajaran yang sinergi antara kampus atau sekolah dengan pesantren ini dimaksudkan agar keilmuan yang diperoleh di pondok dan di lembaga formal dapat tercapai dengan baik. Segala upaya tersebut dilakukan untuk menghasilkan lulusan pesantren yang berimtaq, berakhlaqul karimah, mengusai bidang keilmuan dan berdaya saing.

Kegiatan Pengajian Kitab Kuning
Pengajian Kitab Kuning yang disebut juga dengan kitab turots, kitab gundul atau kitab klasik adalah salah satu aktifitas rutin yang harus diikuti oleh seluruh santri Kyai Galang Sewu. Ciri khas ini menjadikan pesantren Kyai Galang Sewu memiliki ciri khas sebagai pesantren salaf. Sebagai pesantren yang berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah, kitab-kitab yang dikaji disesuaikan prinsip tersebut. Kegiatan belajar mengajar kitab kuning memakai sistem sorogan (santri yang membaca pada kyai) dan sistem wethonan atau bandongan (kyai membaca santri mendengarkan).

Dewan Asatidz
K. Muhammad Sam’ani Khoruddin, S.Ag.
K. Ahmad Jaelani Muhtadi, S.Ag.
KH. Rastyo
Ust. Muhammad Nur Salafuddin Al-Hafidz
Ust. Izzudin Al-Hafidz
Ust. Abdillah Mathori
Ust. Multazam

Fasilitas :
·    Asrama Putra Putri
·    Jaket Almamater
·    Air bersih
·    Tempat ibadah yang memadai

Alamat
Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu
Desa Jurang Belimbing, Tembalang, Semarang 50275
Jawa Tengah Indonesia
Email: ponpeskyaigalangsewu@gmail.com

Share this article :

Search

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu Semarang - All Rights Reserved